kelinci flemish giant

Kelinci Flemish Giant

Kelinci Flemish Giant – Kelinci memang salah satu hewan yang memiliki keunikan tersendiri, salah satu keunikan yang dimiliki kelinci yaitu memiliki telinga yang panjang dan berjalannya yang melompat.

Selain itu ternyata kelinci dapat dimanfaatkan dari daging dan bulunya, untuk apa ? untuk daging kelinci sering dimanfaatkan untuk dijadikan bahan pangan, dan untuk bulu kelinci bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pakaian.

Salah satu jenis kelinci yang dapat dimanfaatkan dagingnya yaitu kelinci Flemish Giant (FG), kelinci ini dikalangan pecinta dan peternak kelinci sangat terkenal, karena jenis ini memiliki postur tubuh yang besar dan dapat menghasilkan daging lebih banyak.

dan pada artikel kali ini satriahewan akan membahas mengenai kelinci ini, mulai dari sejarah, jenis warna, ciri ciri, perawatan, dan harga kelinci ini. Berikut ulasannya …

 

Sejarah Kelinci Flemish Giant

 

Kelinci flemish giant

 

Jenis kelinci ini mulai ada dan dibesarkan pada abad ke 16, saat itu kelinci ini berada di daerah Flandres atau di dekat daerah Ghent, Belgia.

Kelinci ini di yakini berasal dari keturunan kelinci Steenkonjin (Stone Rabbit) dan kelinci Patagonian, yang dimana kelinci jenis tersebut sudah punah, kedua jenis kelinci tersebut sama sama memiliki postur tubuh yang besar, maka tidak heran jika kelinci flemish giant juga memiliki postur tubuh yang besar.

Selain itu kelinci flemish giant juga di yakini kalau kelinci ini merupakan nenek moyang dari jenis jenis kelinci lain di seluruh dunia, termasuk jenis new zealand dan belgian hare.

Kelinci ini mulai di perkenalkan di America pada tahun 1890-an, pada saat itu kelinci ini terkenal sebagai kelinci pedaging, lalu berjalannya waktu pada tahun 1910-an kelinci ini mulai dijadikan sebagai peliharaan dan sering di ikutkan kontes kelinci.

Kelinci flemish giant sendiri memiliki jenis warna yang sudah diakui oleh ARBA (American Rabbit Breed Association).

 

Jenis Warna Kelinci Flemish Giant

1. Hitam

Fg hitam

Jenis warna kelinci ini merupakan warna hitam solid yang menyelimuti tubuh kelinci FG

2. Light Grey

light grey fg

Warna kelinci ini yaitu warna abu abu terang dengan ada warna bintik hitam pada badannya.

3. Steel Grey

steel grey fg

Jenis warna ini yaitu memiliki warna abu abu gelap dengan bintik hitam juga.

4. Putih

white kelinci fg

jenis warna ini yaitu dengan warna putih solid yang menyelimuti badannya.

5. Sandy

sandy kelinci fg

Jenis warna kelinci ini yaitu warna coklat gelap dan ada bintik hitammnya.

6. Fawn

fawn kelinci fg

Jenis warna kelinci ini yaitu dengan warna coklat terang dan ada bintik warna putih

7. Biru

kelinci fg biru

Jenis warna ini yaitu dengan warna abu abu gelap kebiruan yang menyelimuti seluruh badannya.

 

Ciri – Ciri Kelinci Flemish Giant

 

ciri kelinci flemish giant

 

Seperti yang dikatakan di atas kalau kelinci ini memiliki 7 variates warna yang sudah di akui oleh ARBA, dan untuk ciri ciri kelinci tersebut sama hanya saja berbeda pada warnanya, lalu apa saja ciri ciri kelinci flamish giant ? berikut cirinya :

  • Memiliki ukuran tubuh 20 – 24 inch atau sekitar 50,8 – 60,8 centimeter, ukuran tersebut untuk kelinci FG dewasa.
  • Memiliki telinga yang panjang, tebal dan lebar.
  • Mempunyai kepala yang lebar dan agak membulat.
  • Memiliki berat badan mencapai 6,5 hingga 12 Kg.
  • Kelinci ini dapat bertahan hidup 6 hingga 10 tahunan jika di rawat dengan baik.
  • Usia kelinci fg siap kawin berumur 10-12 bulan.

 

Perawatan Kelinci FG

 

Perawatan kelinci flemish giant

 

Perawatan kelinci ini hampir sama dengan kelinci lainnya, Kamu bisa menjaga kebersihan kandangnya dengan membersihkan minimal sehari sekali.

Karena jika kandang kelinci tidak dibersihkan, hal tersebut dapat menyebabkan kelinci terkena penyakit dan kotoran yang akan menempel pada badan kelinci.

Alangkah baiknya berikan jarak alas kandang dengan permukaan tanah minimal sekitar 25 cm, hal ini bertujuan agar amonia pada kotoran tidak terlalu deket dengan kelinci.

Perhatikan juga pemberian makanannya, karena jika salah memberikan makan malah dapat membuat kelinci sakit atau bahkan mati, untuk memberikan makan bisa 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

Kamu bisa berikan porsi makan untuk sapihan kelinci fg kisaran 250-300 Gram untuk pemberian 2 kalii makan, dan untuk pemberian porsi makan kelinci fg dewasa malah lebih sedikit yaitu sekitar 120-200 gram untuk 2 kali makan.

Kenapa bisa begitu ? karena kelinci fg dewasa akan mengurangi napsu makannya, tetapi tidak untuk kelinci betina yang sedang hamil, jika kelinci sedang hamil pasti akan menambah porsi makannya.

Saran dari saya berikan makan kelinci yang sore hari itu jam 6-7 malam, karena kelinci ini akan lebih lapar saat malam hari.

Pemberian vitamin tambahan juga perlu, vitamin tersebut bertujuan untuk dapat memberikan imune / kekebalan tubuh kelinci agar tetap terjaga kesehatannya.

 

Harga Kelinci FG

 

harga kelinci flemish giant

 

Harga kelinci flamish giant sendiri berbeda beda, karena biasanya harga tergantung umur, berat, usia, dan kualiatas kelinci tersebut, lalu berapa sih harga kelinci ini ? berikut harganya ….

 

Jenis KelinciHarga
Kelinci Flemish Giant Anakan (asli)/ekor Rp 700.000 - Rp 1.300.000
Kelinci Flemish Giant Anakan Sepasang (silangan)Rp 500.000 - Rp 600.000
Kelinci Flamish Giant Dewasa (asli)/ekorRp 1.700.000 - Rp 2.500.000
Kelinci Flamish Giant Super (show)/ekorRp 7.000.000 - Rp 10.000.000

Gimana sudah tahukan apa saja mengenai kelinci flamish giant dari sejarah, jenis warna , ciri ciri, perawatan dan harganya.

Okkkee, mungkin itu sajaa pembahasan untuk artikel kelinci FG, semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Salam Pecinta Hewan.

 

Gambar Gravatar
اَللّهُ Dulu, اَللّهُ Lagi, اَللّهُ Terus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *