cara merawat kelinci

Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci – Salah satu hewan peliharaan yang memiliki karakter lucu dan menggemaskan yaitu kelinci, kelinci memiliki bulu yang halus, tebal dan ada juga yang panjang.

Selain itu kelinci juga memiliki telinga yang panjang dan sifat kelinci yaitu mudah untuk mengenal pemiliknya, hal tersebut yang membuat para pecinta hewan banyak memelihara hewan yang satu ini.

Selain dijadikan hewan paliharaan, kelinci juga banyak yang megembangbiakannya, karena daging dan bulu kelinci dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan pangan atau sebagai bahan pakaian.

Salah satu faktor tersebut yang membuat kelinci merupakan hewan ternak yang memiliki peluang usaha bagus.

 

Cara Merawat Kelinci Yang Baik dan Benar

Jika kamu ingin memelihara kelinci maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara merawat hewan satu ini, karena jika kamu memelihara dengan asal – asalan maka kelinci kamu dapat terkena penyakit atau bahkan bisa mati.

Lalu bagaimana untuk cara merawatnya dengan baik dan benar ? Oke langsung saja berikut ulasanya..

 

1. Kandang

 

kandang peliharaan

 

Hal pertama yang harus di perhatikan sebelum merawat kelinci yaitu memperhatikan kandangnya, karena kandang tersebut yang nantinya akan menajadi rumah tinggal kelinci dan untuk berteduh jika terjadi hujan atau panas.

Untuk kandang kelinci sendiri memiliki 2 sistem kandang, yakni kandang dengan sistem kandang terbuka dan sistem kandang tertutup, untuk sistem kandang tertutup terbagi menjadi 2 tipe yaitu :

  • Kandang Tipe Postal
  • Kandang Tipe Baterai

Kandang dengan sistem terbuka yaitu kandang kandang yang tidak menggunakan atap, tetapi tidak semua kandang tidak ada atapnya, tetap masih ada atapnya hanya saja cuma bagian tertentu, hal itu bertujuan agar kelinci masih dapat berteduh.

Kandang dengan sistem tertutup yaitu kandang yang menggunakan atap dan menutup semua sisi kandang, kandang sistem tetutup seperti kandang yang sering digunakan kucing, anjing dan hewan lainya, Kandang sistem ini juga sering digunakan untuk beternak, karena lebih efisien dan terpantau.

Jika sudah menentukan sitem kandang  yang ingin dipakai, selanjutnya untuk memperhatikan posisi kandang, untuk posisi kandang yang baik dan bagus yaitu terhindar dari predator atau suasana yang ramai dan bising.

Jika kamu menggunakan kandang tipe postal atau baterai, alangkah baiknya untuk memberi jarak minimal antara alas dan tanah sekitar 25cm, hal ini bertujuan agar amonia pada kotoran tidak terlalu dekat dengan kelinci.

Selain itu kebersihan kandang juga harus di perhatikan, karena kelinci menyukai kandang yang bersih, selain itu jika kandang kotor dapat membuat kotoran kelinci menempel pada badannya dan kelinci mudah terserang penyakit.

Kamu bisa membersih kandang minimal 2 hari sekali, tetapi jika kamu ingin memberishkan 1 hari sekali itu akan lebih baik.

 

2. Makanan dan Minuman

 

cara merawat kelinci

 

Makanan juga sangat penting untuk memelihara kelinci, karena pasti semua mahkluk hidup itu membutuhkan makan.

Tetapi untuk pemberian makan kelinci juga jangan sembarangan, karena jika kamu salah dalam pemberian makan malah akan membuat kelinci terkena gangguan pencernaan atau yang penyakit lain.

Kamu bisa memberikan makan ke kelinci kamu seperti wortel, rumput, pelet kelinci, kankung, sawi, dan buah buahan tertentu.

Pemberian untuk makan kelinci sehari dua kali, kamu bisa berikan pagi dan sore hari. Selain itu kamu juga bisa memberikan kelinci dengan vitamin tambahan yang berguna untuk memeberikan imune/kekebalan untuk tubuh kelinci.

Gunakan wadah untuk menampung makanan kelinci seperti piring atau yang lain, hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan pakan kelinci.

Oh ya untuk pemberian makan kelinci yang mengandung kadar air tinggi, sebaiknya menjemurnya hingga agak layu dan kadar air pada makanan tersebut berkurang.

Untuk minum kelinci kamu bisa memberikan air putih atau air mineral, pemberian air minum sebaiknya menggunakan air yang sudah dimasak/matang, hal ini bertujuan untuk mengurangi bakteri pada air tesebut.

Saran saya kamu menggunakan dot kelinci untuk tempat minumnya, agar air minum kelinci tetap bersih dan tidak mudah tumpah.

karena jika tumpah maka akan membuat kandang menjadi lembab dan dapat menyebabkan kelinci terkena scabies/penyakit gatal.

 

3. Mengajak Berinteraksi

 

cara memelihara kelinci

 

Berinteraksi dan bermain dengan kelinci juga perlu, karena jika kamu sering mengajak main maka kelinci kamu akan lebih memahamimu dan akan jinak.

Pertama kamu bisa mengelus-elus badan dan menyisir bulu kelinci secara perlahan jangan membuat kaget kelinci.

Selain itu ternyata kelinci merupakan hewan yang aktif maka dari itu kamu perlu melepas atau mengumbarnya.

Tetapi saat mengumbar kelinci tetap harus dalam pengawasan, karena dikhawatirkan kelinci saat di lepas akan kabur dan lari.

Maka dari itu alangkah baiknya untuk mengumbar kelinci di tempat yang masih dalam jangkauan atau jika kelinci lari masih bisa ditangkap, karena jika melepas di area yang banyak tempat bersembunyi nanti malah akan susah saat ingin menangkapnya.

Saat mengangkat kelinci jangan dengan memegang telinganya atau bagian punggung kelinci, karena pada telinga kelinci terdapat syaraf yang sensitif, dan jika kamu mengangkat pada bagian punggung dapat membuat bulu kelinci rontok.

Kamu bisa mengangkat kelinci dari bagian dada dan angkat secara perlahan, seperti saat mengangkat kucing atau anjing.

 

4. Memandikan Kelinci

 

kelinci mandi

 

Agar kelinci kamu tetap bersih maka kamu bisa memandikan kelinci, Memandikan kelinci bisa 2 minggun sekali.

Untuk memandikan kelinci kamu harus menyiapkan terlebih dahulu air hangat, handuk, dan shampo, gunakan shampo kucing atau shampo bayi. Lalu bagaimana caranya ? berikut cara memandikannya …

  • Siram kelinci dengan air hangat secara perlahan.
  • Jika sudah basah lalu berikan shampo dan pijat pada badan kelinci.
  • Usahakan memberikan shampo secara merata dan jangan sampai terkena mata dan hidungnya.
  • Kalau sudah merata, kamu bisa membilas kelinci dengan air hagat.
  • Bilas sampai bersih sehingga tidak menyisakan sabun pada tubuh kelinci.
  • Setelah itu ambil handuk, dan lap badan kelinci dengan handuk tersebut.
  • Terakhir kamu bisa menjemur di bawah sinar matahari, jika tidak ada sinar matahari bisa menggunakan hair dryer, tapi gunakan yang level rendah, karena jika terlalu panas dapat membuat kulit kelinci kering dan rontok.

 

5. Memperhatikan Kesehatan

 

cara memelihara kelinci

 

Mengecek kesehatan pada kelinci juga penting, karena saat perubahan cuaca kelinci akan muudah terserang penyakit, maka dari itu kamu harus mengetahui ciri ciri kelinci terkena penyakit, kamu bisa baca artikel dibawah ini.

Jika pemyakit kelinci kamu sudah parah dan kamu tidak bisa menyembuhkan, alangkah baiknya untuk membawa kelinci kamu ke dokter hewan atau petshope.

Maka dari itu pemberian vitamin juga sangat perlu untuk menambah kekebalan tubuh pada kelinci, atau bisa berikan vaksin setahun sekali.

Nahhh bagaimana sudah tahukan cara untuk merawat kelinci, jadi jangan salah lagi yaa untuk merawatnyaa, mungkin itu saja untuk artikel cara merawat kelinci.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Salam Pecinta Hewan.

 

 

Pencarian Terkait :

  • Cara merawat kelinci dengan baik, cara merawat kelinci anggora, cara merawat kelinci hias
Gambar Gravatar
اَللّهُ Dulu, اَللّهُ Lagi, اَللّهُ Terus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *